Kursus belajar Menjahit | Belajar Teori Menjahit Hingga Praktek Mulai dari Nol Sampai Mahir

Kursus Menjahit sangat penting untuk mengasah keterampilan seseorang didunia busana. Selain untuk diri sendiri, keterampilan menjahit juga bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan finansial. Faktanya ketrampilan menjahit ini ternyata banyak diminati, tak hanya perempuan, pria pun juga, begtupun untuk usia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Karena pelaung usaha menjahit busana ini sangatlah untuk dijalankan.

Pada kursus menjahit nanti akan dibekali bagaimana mengasah kemampuan menjahit,  menjalankan usaha konveksi, jasa permak, bahkan belajar menjadi designer. Pelatihan keterampilan dengan memamparkan materi dari nol atau dari dasar akan lebih cepat dala mempelajarinya hingga mahir.

Langkah-langkah Menjahit di Kursus Menjahit

Di kursus menjahit akan diajaran membuat pola baju yang dapat dijadikan sebagai acuan dalam memulai belajar menjahit otodidak. Berikut penjelasan lebih jelasnya.

BACA JUGA : Tempat Kursus Merajut Rekomendasi untuk Anda si Pecinta Fashion

  • Membuat pola baju untuk badan (bagian atas)

Pola untuk badan bagian atas adalah pola yang dibuat untuk badan bagian atas, yakni mulai dari bagian atas badan terbesar. Lanjut untuk membuat pola badan bagian atas yang lainnya, Pola badan bagian muka dan belakang yakni bagian bahu sampai pinggang.

  • Membuat pola baju untuk badan (bagian bawah)

Pola ini dibuat mulai dari pinggang ingga lutut atau hingga atau mata kaki. Pola ini pada bola pakaian wanitab disebut dengan polar rok depan dan belakang.

  • Memuat pola bagian lengan

Pola bagian ini dibuat untuk lengan, mulai diukur dari lengan hingga bagian siku atau diteruskan kepada bagian pergelangan tangan.

  • Pola badan atas dan pola badan bagian bawah

Biasanya pola ini digunkan untuk membuat gaun atau baju terusan.

Cara Melakukan Pengukuran Badan untuk Membuat Pola

Dikursus menjahit Anda akan diajarkan bagaimana mengukur badan untuk dijadikan sebagai acuan. Karena membuat sebuah baju haruslah mengetahui dan bisa dalam membuat pola dasar ini.

Cara melakukan pengukuran dapat dilakukan dengan mudah, yakni dengan cara pola yang akn dibat harus dengan model tegak atau berdiri.

Belajar mengukur

Berikut badan-badan yang harus diukur dan harus belajar mengukur badan tersebut.

  1. Pengukuran Lingkar Leher (LL)

Sekeliling leher bagian bawah, letakkan jari telunjuk pada tekuk leher, steelah diukur dtambahkan 1 cm.

  1. Pengukuran Lingkar Badan (LB)

Mengukur badan bagian atas , dengan ukuran bagian yang paling besar, tepatnya dipuncak payudarasebagai tolak ukur. Kemudian ditambahkan 4 cm. Jika untuk untuk model baju kaos tambahkan 10 cm atau sebesar empat ruas jari.

  1. Pengukuran Lingkar Pinggang (LP)

Mengukur bagian lingkaran pada pingang sebagi tolak ukurnya.

  1. Pengukuran Tinggi Panggul (TPa)

Pengukuran ini dilakukan pada bagian pinggang hingga batas panggul

IKUTI : Tempat Pelatihan Menjahit, Ikuti Kursus Menjahit Dan Fahion Design

  1. Pengukuran lingkar Panggul (LP)

Pengukuran badan bagian lingkar panggul dilakukan pada sekeliling panggul dengan menggunakan bagian terbesar dari panggul sebagai tolak ukur urutan, kemudian ditambah lagi dengan ukuran tlapak tangan, atau ukuran 4 cm.

  1. Mengukur Panjang Sisa (PS)

Pengukuran di kali ini dilakukan dibagian bawah ketiak inga ke pingang. selanjutnya pengukuran dari pinggang  dikurangi sampai 2-3 cm.

  1. Mengukur Panjang Muka (PM)

Ukur bagian muka, dimulai dari lekuk leher tepat bagin tengah hingga bawah pinggang bagin bawah, kemudian kurangi 2-3 cm.

  1. Mengukur Lebar Muka (LM)

Dimulai dari 5 cm dibawah lekuk leher pada bagian tengah sebagai patokan untuk mengukur bagian lengan kiri hingg batas lengan kanan melewati 5 cm lekuk leher.

  1. Mengukur Tinggi Dada (TD)

Ukur bagian pingang kmudian ditarik ketas hingga mencapai puncak buah dada untuk mendapatkan ukuran tingi dada yang tepat.

  1. Menguku Lebar Bahu (LB)

Mulai dari titik awal lekuk leher atau pada bagian tertinggi bahukmudian dtarik kepada bagian paling rendah atau pada bagian ujung bahu untuk mendapatkan ukuran lebar bahu yang tepat dan benar.

  1. Mengukur Rok

Untuk mengukur rok bagin muka, bagian belakang, dan sisi hanya ilakukan dengan cara yang sama, yakni dengan cara dimula dari bagian pinggng atas ditarik hing kebawah sesuai panjang yang diinginkan.

  1. Mengukur Lingkar Lubang Lengan (LLL)

Ukur sekeliling lengan kemudian tambahkan ukuran sepanjang 4 cm

Praktek Menjahit

Di Kursus menjahit biasanya Anda Akan diajarkan praktek menjahit dengan membuat sebuah pakaian dengan model pola sederhana terlebih dahulu, hingga membuat model pakaian dengan berbagai jenis model,  dan berlanjut kepelatihan membuat pakaian mewah dan indah. Selain dari belajar menjahit, di kursus menjahit Anda juga akan belajar tentang membuat desain baju.

BACA JUGA : Pelatihan Tata Rias | Workshop Make-Up Artist Profesional | Di Jawa Barat

Nah, itulah gambaran dan pemam[aran materi yang biasa di ajarkan pada kursus menajhit. Bagi Anda yang memiliki hobi menjahit, Anda bisa memanfaatkan hobi untuk menjadi ladang penghasilan, dan mendatangkan profit, apalagi jika melihat peluang usaha menjahit ini sangat terbuka lebar. Untuk belajar menjahit menjahit ataupun mengasah kemampuan, Anda bisa mengikuti pelatihan menjahit sebagai langkah awal untuk merintis sebuah usaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>